Jumat, 16 Maret 2012

Karya Ilmiah


Permainan
scrabble sebagai Sarana Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris

Abstrak
Artikel ini membahas tentang pentingnya pembelajaran kosa kata, masalah yang dihadapi siswa dan manfaat scrabble untuk meningkatkan pembelajaran kosa kata siswa. Selain itu, akan di bahas juga tentang definisi permainan scrable.

Key Term  : kosakata, media, scrabble

Pendahuluan
Manusia bisa berkomunikasi tanpa tahu struktur bahasa, tapi mereka tidak akan bisa berkomunikasi tanpa tahu kosakata. Maka, untuk bisa berkomunikasi manusia harus lebih dulu menguasai kosa katanya. Hal ini menunjukkan bahwa kosakata sangat penting dipelajari bila hendak mempelajari bahasa sebagai sarana komunikasi.
Dalam pembelajaran kosa kata terutama kosakata bahasa Inggris, cara yang paling mudah diterapkan pada siswa adalah penggunaan media. Media yang bisa digunakan banyak jenis dan macamnya. Dari yang sederhana sampai yang yang canggih. Ada yang di buat sendiri, ada yang diproduksi pabrik. Ada yang sudah tersedia di lingkungan untuk langsung dimanfaatkan, ada yang sengaja dirancang seperti media yang berbasasis komputer.
Sayangnya, kebanyakan siswa belum menggunakan media dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Siswa tidak tahu media apa saja yang bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa sekaligus media yang bagaimana yang efektif digunakan sebagai media pembelajaran kosakata. Siswa perlu dibimbing guru sehingga dapat memanfaatkan media pembelajaran kosakata secara maksimal.
Salah satu media yang efektif digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris adalah permainan scrabble. Ada tiga alasan mengapa scrabble bisa digunakan sebagai media pembelajaran kosakata.
Pembahasan
            Scrabble adalah permainan menyusun kata yang dimainkan 2 atau 4 orang yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari kepingan huruf di atas papan permainan berkotak-kotak. Kata yang mendapat nilai adalah kata yang diizinkan dalam kamus standar. Permainan scrabble ini sering dimainkan untuk melatih dan mengasah kosakata, terutama kosakata bahasa Inggris. Bagi siswa, permainan ini sangat dianjurkan sebab karakteristik siswa dan karakteristik permainan scrabble yang saling mendukung, juga karena variasi media seperti scrabble sangat dibutuhkan dalam pembelajaran kosakata.
Karakteristik siswa yang tetap memiliki sifat dasar anak-anak adalah cenderung suka bermain dan bergembira. Keingintahuannya terhadap segala sesuatu yang baru sangat tinggi. Maka dalam kegiatan belajar, guru senantiasa harus kreatif dalam mempersiapkan proses pembelajaran dengan tetap mengingat bakat dan karakteristik siswa. Pengaruhnya, siswa akan senang mengikuti proses pembelajaran, dan tujuan pembelajaran pun tercapai.
Alasan yang kedua mengapa scrabble digunakan dalam media pembelajaran adalah karena karakteristik permainan ini sendiri. Karakteristik permainan scrabble yang sederhana menimbulkan kegembiraan tersendiri pada diri siswa. Hal ini dikarenakan permainan adalah bagian  mutlak dari kehidupan anak dan merupakan bagian integral dari proses pembentukan kepribadian anak. Ada kecenderungan bahwa siswa memiliki ambisi untuk selalu memenangkan permainan. Siswa yang memiliki karakteristik suka bermain, mau tidak mau akan merasa tertantang untuk terus mengembangkan penguasaan kosakata bahasa Inggrisnya. Secara tidak  langsung, siswa akan menyadari bahwa kosakata sangat penting dipelajari. Pada akhirnya, mereka tidak akan tergantung pada guru dan bisa mempelajari kosakata bahasa Inggris secara mandiri.
Alasan yang terakhir adalah  karena variasi media dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris sangat dibutuhkan siswa. Di sekolah, media bagi guru berkedudukan sebagai alat bantu mengajar. Sedangkan bagi siswa, media membangkitkan motivasi, minat dan rangsangan bagi siswa untuk belajar. Penggunaan media yang bervariasi akan membuat siswa lebih banyak melakukan aktifitas belajar seperti mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan apa yang baru saja dipelajari. Dengan media permainan scrabble ini siswa akan mengamati kosakata apa saja yang bisa disusun dan akan menyusun kosakata yang sama di lain waktu. Siswa akan mencari tahu arti dan penggunaan kosakata tersebut sehingga penguasaan kosakata bahasa Inggrisnya akan meningkat secara tidak disadari.

Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa permainan scrabble efektif digunakan dalam pembelajaran kosakata karena karakteristik siswa yang suka  bermain, karakteristik permainan scrabble, dan juga karena variasi media sangat dibutuhkan siswa. Karena itulah media sangat dibutuhkan sebagai sarana pembelajaran kosakata bahasa Inggris.


Referensi
Diamond, L. and Gutlhon, L. 2006. Teaching Vocabulary. http://www.readingrockets.org/article/9943. diunduh pada 17 Juni 2008
Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. England: Longman
Ismail, Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: ProU Media.
Krishannanto, Dedy. 2009. Penggunaan Media Sumber Belajar dalam Proses Belajar Mengajar. http://techonly13.wordpress.com/2009/09/11/penggunaan-media-sumber-belajar-dalam-proses-belajar-mengajar/. Diunduh pada 17 Maret 2010
http://id.wikipedia.org/wiki/Scrabble. Diunduh pada 18 Agustus 2011
http://www.gamehouse.com. Diunduh pada 18 Agustus 2011

0 komentar:

Posting Komentar

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^

 
Don't Skip Me Blog Design by Ipietoon