Sabtu, 17 Maret 2012

RPP Bahasa Inggris (vegetable)

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran         :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester        :    V/I
Ketrampilan              :    Menulis
Topik                         :    In the School Garden
Alokasi Waktu           :    2 JP (2x35’)


Standar Kompetensi :  Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks
                                       sekitar peserta  didik
Kompetensi dasar    :  Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima
A.   Tujuan pembelajaran
Siswa dapat menulis teks sederhana tentang vegetable berdasarkan gambar secara cermat dan teliti

B.    Indikator              
·      Siswa mampu menyebutkan kosakata vegetable sesuai dengan gambar
·      Siswa mampu menulis kosakata vegetable sesuai dengan gambar
·      Siswa mampu mengidentifikasi informasi berdasarkan gambar
·      Siswa mampu mendeskripsikan vegetable dengan kalimat sangat sederhana

C.    Model Teks
It is spinach. It is round. The color is green. I like it very much. 
D.   Materi Pembelajaran
·           Kosakata vegetable
      e.g. cabbage, tomato, chili, etc

E.   Metode Pembelajaran
           PPP (Presentation, Practice, Production)
F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.     Pre-teaching
·      Salam
·      Guru memotivasi siswa
·      Guru dan siswa menyanyikan lagu I love vegetable
2.    Whilst-teacing
Presentation
·      Guru menunjukkan realia tentang vegetable
·      Siswa menyebutkan kosakata vegetable
Practice
·      Siswa melengkapi kalimat bergambar tentang vegetable
·      Guru memberikan pengarahan jika siswa masih belum mengerti
·      Siswa mengamati salah satu gambar yang berkaitan dengan vegetable
            Production
·      Siswa mendeskripsikan gambar yang berkaitan dengan vegetable
3.         Post Teaching
·      Guru memberi penilaian dan memberikan feedback
·      Guru meminta siswa merefleksi pengalaman belajar yang baru saja di alami

G.   Sumber Belajar
1.      Gambar
2.      Lagu “I Love Vegetable”
3.      Lembar tes
4.      Buku Panduan Guru

H.       Penilaian
1.      Instrumen  : a.  Teknik                : Tulis
                        b.  Bentuk               : lembar tugas
2.      Penilaian   : a.  Teknik                : Rubrik
     b.    Nilai maksimal : 100
     c.    Nilai                  : (Skor perolehan)/ (Skor maksimal) x 100




Mengetahui,

Yogyakarta,
Kepala Sekolah

Guru Bahasa Inggris








Do you need the task? Please, feel free to download it here

0 komentar:

Posting Komentar

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^

 
Don't Skip Me Blog Design by Ipietoon