RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/I
Ketrampilan : Menulis
Topik : In the School Garden
Alokasi Waktu : 2 JP (2x35’)
Standar Kompetensi : Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks
sekitar peserta didik
sekitar peserta didik
Kompetensi dasar : Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima
A. Tujuan
pembelajaran
Siswa dapat menulis teks
sederhana tentang vegetable
berdasarkan gambar secara cermat dan teliti
B. Indikator
· Siswa mampu menyebutkan kosakata vegetable sesuai dengan gambar
· Siswa mampu menulis kosakata vegetable sesuai dengan gambar
· Siswa mampu mengidentifikasi informasi berdasarkan
gambar
· Siswa mampu mendeskripsikan vegetable dengan kalimat sangat sederhana
C. Model Teks
It
is spinach. It is round. The color is green. I like it very much.
|
D. Materi
Pembelajaran
·
Kosakata
vegetable
e.g. cabbage, tomato, chili, etc
E. Metode Pembelajaran
PPP (Presentation, Practice, Production)
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pre-teaching
· Salam
· Guru memotivasi siswa
· Guru dan siswa menyanyikan lagu I love vegetable
2. Whilst-teacing
Presentation
· Guru menunjukkan realia tentang vegetable
· Siswa menyebutkan kosakata vegetable
Practice
· Siswa melengkapi kalimat bergambar tentang
vegetable
· Guru memberikan pengarahan jika siswa
masih belum mengerti
· Siswa mengamati salah satu gambar
yang berkaitan dengan vegetable
Production
· Siswa mendeskripsikan gambar yang
berkaitan dengan vegetable
3.
Post Teaching
· Guru memberi penilaian dan memberikan
feedback
· Guru meminta siswa merefleksi
pengalaman belajar yang baru saja di alami
G. Sumber
Belajar
1.
Gambar
2.
Lagu “I Love
Vegetable”
3.
Lembar tes
4.
Buku Panduan Guru
H. Penilaian
1. Instrumen : a. Teknik : Tulis
b. Bentuk : lembar tugas
2. Penilaian : a. Teknik : Rubrik
b. Nilai maksimal : 100
c. Nilai :
(Skor perolehan)/ (Skor maksimal) x 100
Mengetahui,
|
Yogyakarta,
|
|
Kepala Sekolah
|
Guru Bahasa Inggris
|
|
0 komentar:
Posting Komentar
Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^