RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VI/I
Ketrampilan : Speaking
Topik : Occupation
Alokasi Waktu : 2 JP (2x35 menit)
Standar
Kompetensi: Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam
konteks sekitar peserta didik
konteks sekitar peserta didik
Kompetensi dasar : Bercakap
cakap untuk meminta atau memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan,
mengungkapkan keraguan, menanyakan dan meminta kejelasan.
A. Tujuan
pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa
dapat melakukan percakapan untuk meminta dan memberi informasi tentang profesi
secara sopan satun.
B. Indikator
- Siswa mampu mengidentifikasi vocabulary tentang profesi.
- Siswa mampu melafalkan vocabulary tentang profesi dengan tepat.
- Siwa mampu menggunakan kalimat tanya tentang profesi dengan benar dan tepat.
- Siswa mampu merespon pertanyaan teman dengan benar dan tepat.
C. Materi Pembelajaran
- Ungkapan yang akan digunakan
Susi : What does he
do?
Teza : He is a doctor.
Dani : What does she
do? Bintang : What do you do?
Sasti : She is a dancer. Aisya : I am a hairdresser.
- Struktur bahasa
What
does he do?
What
does she do?
What do
you do?
- Kosa kata tentang profesi (lampiran 1)
Teacher,
policeman, doctor, nurse, pilot, singer,
dancer, farmer, soldier, postman, cook, hairdresser.
- Language Function
He is a
doctor.
She is
a dancer.
I am a
singer.
D. Metode
Pembelajaran
PPP (Presentation, Practice, Production)
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pre-teaching
· Guru menyapa dan mengecek presensi
siswa.
·
Guru
memotivasi
2. Whilst-teacing
Presentation
·
Guru
memperlihatkan gambar macam-macam profesi.
(Task 1)
· Siswa menyebutkan kosakata tentang
profesi.
Practice
· Guru menunjukkan penggunaan kalimat
tanya “What does he do?” dan “What
does she do?” (Task 2)
does she do?” (Task 2)
· Siswa menjawab secara lisan berdasarkan
gambar. (Task 3)
·
Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok dan melakukan role play di depan kelas. (Task
4)
Production
·
Siswa
melakukan survey game. (Task 5)
·
Siswa
melaporkan hasil survey.
3. Post Teaching
· Guru memberikan feedback.
· Guru menyimpulkan materi yang telah
dipelajari.
F.
Sumber Belajar
1. Gambar tentang
profesi (unduhan dari http://www.mes-english.com)
2. Let’s Make Friend with English for Elementary
School Grade 4 oleh Bambang Sugeng. 2007. Penerbit: Esis
3. Realia
G. Penilaian
1. Instrumen : a. Teknik : Unjuk kerja
b. Bentuk : Percakapan, survey game
2. Penilaian : a. Teknik : Rubrik
b. Nilai maksimal : 100
c. Nilai :
(Skor perolehan)/ (Skor maksimal) x 100
0 komentar:
Posting Komentar
Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^