Sabtu, 17 Maret 2012

RPP Bahasa Inggris (instruction)

Saat mengikuti Diklat Profesi Guru tahun 2011 kemarin, saya baru tahu kalau RPP yang saya buat selama ini sudah out of date. Formatnya beda dengan format yang diberikan pengawas di sekolahku. Yah, karena lingkungan kerja lebih sering bergaul dengan para pengawas, jadi format yang ini mungkin tidak sesuai dengan harapan pengawas. Tapi ini sudah resmi di pakai di universitas-universitas kependidikan lho pak, bu pengawas...

 contoh:
RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                   :    SD MUHAMMADIYAH BLAWONG I
Mata Pelajaran         :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester       :    IV/ II
Ketrampilan             :    Mendengarkan
Topik                       :    In the Class
Alokasi Waktu         :    2 JP (2x35 menit)


Standar Kompetensi   :  Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi dasar       :  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas

A.    Tujuan pembelajaran
Di akhir pembelajaran, siswa dapat melakukan instruksi sederhana di dalam kelas dengan tindakan secara berani dan percaya diri.

B.     Indikator              
1.    Siswa mampu mengenali kalimat instruksi.
2.    Siswa mampu melakukan tindakan sesuai dengan perintah guru.
3.    Siswa mampu menjawab ungkapan classroom instruction sesuai dengan gambar.


C.      Model text
   Teacher       : Take the book!
    Hana          : OK

D.   Materi Pembelajaran
1.   Kosakata yang berkaitan dengan classroom instruction
e.g. take , open, write, draw, stop, close, stand up, submit, sit down

2.   Ungkapan dalam classroom instruction
·           Take the book!
·           Open the book!
·           Write your name!
·           Draw a cat!
·           Stop drawing!
·           Close the book!
·           Stand up!
·           Submit the book!
·           Sit down!

E.   Metode Pembelajaran
          TPR

F.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.         Pre-teaching
·      Salam
·      Guru memotivasi siswa
2.         Whilst-teacing
·      Guru mengenalkan lagu “Hokey Pokey” dan siswa menirukan
·      Guru memperdengarkan ungkapan classroom instruction  (Task 1)
·      Siswa merespon ujaran yang di ucapkan guru dengan tindakan
·      Siswa  bermain simon says game tentang instruksi di dalam kelas (Task 2)
·      Siswa menempelkan gambar instruksi yang sesuai dengan perintah guru (Task 3)
3.         Post Teaching
·      Guru memberikan feedback
·      Guru meminta siswa merefleksi pengalaman belajar yang baru saja di alami
·      Guru memberikan tugas pada siswa

G.    Sumber Belajar
1.   Let’s  Make Friend with English for Elementary School Grade 4 oleh Bambang Sugeng. Penerbit: Esis
2.   Gambar classroom instructions (unduhan dari http://mes-english.com, dan www.google.com)

H.    Penilaian
1.      Instrumen : a.  Teknik                 : Performance
                    b.  Bentuk                : Simon Says Game
2.      Penilaian   : a.  Teknik                : Rubrik
 b.    Nilai maksimal  : 100
 c.    Nilai                 : (Skor perolehan)/ (Skor maksimal) x 100




You may copy it, or simply download the file there. Have a nice day fellas :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^