Rabu, 21 November 2012

May I Borrow Your Blue Pen?

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester             :  IV/II
Ketrampilan                  :  Membaca
Topik                             :  May I borrow your blue pen?
Alokasi Waktu               :  2 JP (2x35 menit)


Standar Kompetensi   : Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi dasar       : Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana

A.       Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat membaca teks percakapan dengan intonasi yang benar dan  memahami isi percakapan secara cermat dan percaya diri.

B.        Indikator
             1.     Siswa mampu membaca teks percakapan dengan lafal yang benar.
             2.     Siswa mampu mengartikan kalimat dalam teks percakapan.
             3.     Siwa mampu menjawab  pertanyaan seputar isi teks.

C.        Model text
A       : May I borrow your pen?
B       : Sure. Which one?
A       : The blue one.
B       : Here you are.
A       : Thank you
B       : No problem.

A       : May I borrow your pen?
B       : Sorry, I use it.
A       : Ok.

D.       Materi Pembelajaran
1.    Ungkapan yang akan digunakan
·           May I borrow your pen?
·           May I borrow your blue pen?
·           Which one?
·           Sure.
·           Here you are.
·           Sorry, I use it.
·           Sorry, I have only one.
·           Thank you
·           No problem


2.    Kosa kata
·           Things in the bag
Pen, pencil, book, bag, ruler, rubber, sharpener, pencilcase, crayon
·           Color
Red, green, yellow, black, orange, pink, purple, blue, white, grey

E.        Metode Pembelajaran
PPP (Presentation, Practice, Production)

F.         Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.         Pre-teaching
·      Guru menyapa dan mengecek presensi siswa.
·      Guru memotivasi
2.         Whilst-teacing
Presentation
·      Guru meyajikan teks percakapan sederhana.  (Task 1)
·      Guru dan siswa membaca dan menganalisa isi percakapan bersama-sama.
·      Guru membaca teks percakapan dengan intonasi yang benar.
·      Siswa menirukan guru membaca teks percakapan.
Practice
·      Guru memberikan teks percakapan lain pada siswa. (Task 2)
·      Siswa secara berpasangan mengartikan isi teks dan menjawab pertanyaan. (Task 3)
·      Siswa membaca teks percakapan secara berpasangan di depan kelas.
Production
·      Siswa diberikan tugas individu    (Task 4)
·      Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
3.         Post Teaching
·      Guru memberikan feedback.
·      Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.


I did cut some parts. If you need the full version, just download the RPP Bahasa Inggris kelas IV for free on Sricbd..

0 komentar:

Posting Komentar

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^

 
Don't Skip Me Blog Design by Ipietoon