Selasa, 20 November 2012

May I Borrow Your Blue Pen (Part 2)



RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester             :  IV/II
Ketrampilan                  :  Menulis
Topik                             :  May I borrow your blue pen?
Alokasi Waktu               :  2 JP (2x35 menit)


Standar Kompetensi   : Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi dasar       : Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana

A.       Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat mengeja ujaran dan melengkapi dialog meminta/memberi barang dengan cermat dan teliti.

B.        Indikator
             1.     Siswa mampu mengurutkan kata menjadi kalimat yang benar.
             2.     Siswa mampu mengurutkan ungkapan kalimat meminta dan memberi barang menjadi susunan dialog yang benar.
             3.     Siswa mampu mengisi dialog rumpang mengenai meminta/memberi barang.


C.        Model text


A       : May I borrow your pen?
B       : Sure. Which one?
A       : The blue one.
B       : Here you are.
A       : Thank you
B       : No problem.

A       : May I borrow your pen?
B       : Sorry, I use it.
A       : Ok.




D.       Materi Pembelajaran
1.    Ungkapan yang akan digunakan


·           May I borrow your pen?
·           May I borrow your blue pen?
·           Which one?
·           Sure.
·           Here you are.
·           Sorry, I use it.
·           Sorry, I have only one.
·           Thank you
·           No problem


2.    Kosa kata
·           Things in the bag
Pen, pencil, book, bag, ruler, rubber, sharpener, pencilcase, crayon
·           Color
Red, green, yellow, black, orange, pink, purple, blue, white, grey

E.        Metode Pembelajaran
PPP (Presentation, Practice, Production)

F.         Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.         Pre-teaching
·      Guru menyapa dan mengecek presensi siswa.
·      Guru memotivasi
2.         Whilst-teacing
Presentation
·      Guru meyajikan teks percakapan sederhana.  (Task 1)
·      Guru dan siswa membaca dan menganalisa kalimat percakapan bersama-sama.
Practice
·      Siswa mengurutkan kata menjadi kalimat yang benar secara berkelompok. (Task 2)
·      Secara berpasangan siswa menyusun kalimat ungkapan meminta/memberi barang sehingga menjadi susunan dialog yang benar. (Task 3)
Production
·      Siswa diberikan tugas individu    (Task 4)
·      Siswa mengisi dialog rumpang mengenai meminta/memberi informasi.
3.         Post Teaching
·      Guru memberikan feedback.
·      Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

G.       Sumber Belajar
1.      Gambar (unduhan dari http://www.mes-english.com)
2.      Let’s  Make Friend with English for Elementary School Grade 4 oleh Bambang Sugeng. 2007. Penerbit: Esis

H.       Penilaian
1.      Instrumen : a.  Teknik                : Tes Tertulis
                    b.  Bentuk             : Teks dialog rumpang
2.      Penilaian   : a.  Teknik                : Rubrik
a.    Nilai maksimal  : 100
b.    Nilai                 : (Skor perolehan)/ (Skor maksimal) x 100



Mengetahui,

Yogyakarta,
Kepala Sekolah

Guru Bahasa Inggris












PS: Hey.. I'm on scribd. You may download the full version of RPP  for free. 

0 komentar:

Posting Komentar

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^

 
Don't Skip Me Blog Design by Ipietoon