Sabtu, 08 Agustus 2015

Mukena /Vintej/ Yang Bikin Cantek

Okay, karena udah masuk minggu pertama, kali ini saya siap merealisasikan sewing project yang sudah diposting sebelum post ini. First project ini nanti sekaligus akan jadi second project. Yup, minggu ini saya sudah mengeksekusi 2 potong kain secara bersamaan. Kain motif polkadot yang identik sama yang vintage-vintage ini saya jadikan mukena, sesuai orderan dari emaknya Luthfia dan Naura. Saya enggak tahu apa tipe kain ini. Yang jelas kain ini kayak bahan untuk kain mukena Bali. Adem dipakenya dan jatuh dibadan. Kalo sholat pas dibawah kipas angin dengan kecepatan maximal, dijamin mukena ini nggak bakal dadah-dadah, eh, melambai-lambai kebawa angin.
Kain dan ukuran mukena
Saat membuat mukena ini, saya sengaja  mengerjakannya mulai dari bagian atasan mukena terlebih dahulu. Bagian ini lebih susah dari bawahannya. Selain harus memotong kain setengah lingkaran, kain tambahan di bagian dagunya pun tak kalah rumitnya. Bedalah dengan menjahit rok mukena yang cuma tinggal dijahit lurus plus ditambahin karet di pinggang. Itu sih gampang banget..

Untuk membuat setengah lingkaran mukena atasan, saya menggunakan ajian kira-kira. Langkah-langkahnya seperti ini:
  • Pertama, sapu dan pel lantai seluruh rumah terlebih dulu (abaikan, hehe)
  • Ukur kain dengan ukuran 170 cm x 90 cm, beri tanda.
  • Lipat kain menjadi 2. 
  • Pertemukan ujung kain depan dengan kain bagian belakang mukena. Karena kain belakang lebih panjang dari kain depan, maka segitiga bagian atas dan bawahnya tidak se-ukuran (lihat gambar).
  • Gambarlah 1/4 lingkaran dengan menggunakan feeling yang tajam, aktual dan terpercaya (hayah)
  • Potong kain sesuai garis.
Dilipat segitiga kemudian di bentuk 1/4 lingkaran
Sebenarnya menjahit mukena tidak terlalu sulit, asalkan nggak pengen neko-neko nambahin hiasan mukena dan tambahan kain di bagian dagu. Tapi, karena kali ini saya ingin mendapatkan tantangan baru, maka saya sengaja membuat mukena yang nggak simpel. Nggak simpelnya itu menurut saya yang belum pernah menjahit mukena aja sih.
Untuk menjahit satu set mukena two pieces ini, saya membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Dikebut satu hari saja seharusnya selesai. Namun, karena saya cuma bisa menjahit sepulang kerja, jadi mukena ini baru selesai dalam 2 hari. Yah, lama nggak papa deh, yang penting hasilnya nggak malu-maluin. Nih, coba  liat kalo nggak percaya.. tongue
Taraaaaa..
Besoknya langsung dipake tanpa dicuci, ckckck
Sebagai bonusnya, saya membuatkan tas mukena buat mereka. Saya suka tas cangking model dibawah ini. Repot sih membuat lubang genggamannya, tapi saya terlanjur jatuh hati dengan yang model begini. Tas ini bisa juga dijadiin tas buat mereka pengajian, kan jadi banyak fungsinya tuh.
Modelnya lucu kan?  
Oh iya, karena saya lagi merencanakan jadi Fulltime Tailor kalo pensiun nanti (masih lama dong), saya pengen nyicil itung-itungan untung ruginya bisnis mukena sendiri.
  • Kain mukena 3 meter x Rp.25 ribu        = Rp. 75  ribu
  • Kain aplikasi 0,25 meter x Rp. 13 ribu   = Rp.  3  ribu
  • Benang                       (anggap saja)     = Rp.      500
  • Ongkos Jahit         (err.. hitung saja)     = Rp. 50  ribu   +
  • Total                                                     = Rp. 128. 500
Sepertinya, lebih murah beli mukena jadi ya daripada jahit mukena sendiri. Tapi memang kalo jahit sendiri itu rasanya puaaaas banget. Puas bisa milih jenis dan motif kain. Desain dan ukuran juga bisa disesuaikan badan.

Nah, Sudah dilihat kan mukena jahitan saya? 
Kira-kira mo beli aja ato mo dibawa ke saya? hehe call me


PS: Btw, judulnya ambigu banget ya.. Antara yang make jadi cantik ato yang bikin orangnya cantik batting eyelashes

0 komentar:

Posting Komentar

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^

 
Don't Skip Me Blog Design by Ipietoon