Jumat, 03 Oktober 2014

Handphoneku Ngambek

Alhamdulillah..
Pas banget. Pas lagi butuh duit, pas lagi banyak pengeluaran, pas nggak ada dana cadangan, pas banyak hal yang harus saya pikirkan, pas hape minta dipajaki. Pokoke alhamdulillah 
Bukti Pajak
Cerita dimulai dari hari senin kemarin saat saya sedang men-charge hape di kantor di samping standfan. Saya berdiri sambil mengutak-atik hape. Tangan saya memegang kipas angin di samping saya. Tiba-tiba, saya merasa kepala kipas anginnya seperti mau jatuh. Dua tangan saya refleks berusaha memegang kipasnya dan selamatlah si kipas. Sayangnya, hape ditangan kanan justru terlempar sampai batrenya lepas. Hikss.. 

Kalau masalah hape kebanting jatuh beradu dengan lantai sih sudah biasa jadi saya tidak terlalu sedih. Tapi, hape saya jadi tidak bisa menyala normal, restart berkali-kali. Ibarat manusia, hape saya pingsan - siuman - pingsan lagi. Tanpa perlu saya pencet tombol power, hape saya bisa lho nyala sendiri. Sampai-sampai saya harus melepas batrenya saking kasihan sama si hape yang sedang memperjuangkan hidupnya, haih.. 

Pusing  juga ternyata kalau hape mati. Bayangkan, nomor hape teman-teman beberapa masih ada di hape. Hanya beberapa saja yang masuk di simcard. Alhasil, saya memanfaatkan nomor yang tersedia untuk minta tolong ini itu. Salah satunya meminta Citra mengecek graha samsung ada dimana dan tutup jam berapa. Lha di rumah nggak ada hape yang bisa buat internetan je. Bersyukur Citra ngerti sama keadaan hape saya, hihihi.. 

Sebenarnya hari itu juga saya pengen langsung membawanya ke service center. Tapi sayang, jadwal mengajar di sekolah dan les cukup padat (haiyah). Besoknya saya browsing tentang cara menangani hape yang restart sendiri. Beberapa blogger (mostly) menyebut kalo kesalahan ada pada softwarenya, entah aplikasi terlalu  banyak, malfunction ato terkena virus. Solusinya dengan factory reset sendiri yang beresiko hilangnya data di dalam hape. Setelah susah payah memback-up data, saya berkali-kali mencoba reset sendiri tapi gagal. Menyerah, hari Kamis saya akhirnya menuju Graha Samsung di Jogjatronik. 

Antrian di graha tidak banyak. Bahkan selesai saya memencet tombol antrian, saya sudah dipanggil oleh CS nya. Nah, disini saya baru tahu bahwa kesalahan bukan pada software-nya, tapi hardware-nya. Tombol power tertahan yang membuat si hape otomatis pengen restart sendiri. Biaya penggantian tombol power sekitar 95 ribu dengan estimasi waktu pengerjaan sekitar 1 jam (kurang-kurang dikit lah ya). Resikonya pastilah data di dalam hape hilang, kembali pada keadaan seperti awal pembelian. Musti download aplikasi lagi deh.

Saran saya bagi anda yang hape nya restart sendiri:
  1. Begitu hape menyala, segera amankan data di dalam hape. Masukkan simcard kosong dan pindahkan nomor di phonebook ke simcard. Pindahkan juga folder penting di phone ke memory card.
  2. Bila handphone menyala sendiri saat batre dipasang (padahal belum memencet tombol power), maka kemungkinan tombol power hape nge-jam.
  3. Segera bawa hape anda ke graha terdekat sesuai merk hape anda. Graha Samsung ada di JogjaTronik Lantai Ground, atau di Jl. Diponegoro barat Tugu Jogja. Garansi service hanya 1 bulan saja. Jadi maksimalkan penggunaan hape dan pastikan tidak ada masalah lagi.
  4. Jika HP restart terus dan gagal booting, kemungkinan software-nya yang malfunction. Cara gampangnya sih di factory reset. Dalam keadaan HP off, pencet tombol power dan volume secara bersamaan. Pilih Wipe all cache. Kalo sudah selesai, pilih Reboot Now. Lanjutkan deh prosesnya sampai HP bisa menyala normal kembali..
  5. Terimakasih sudah repot-repot membaca 

0 komentar:

Posting Komentar

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^

 
Don't Skip Me Blog Design by Ipietoon