Kamis, 02 Oktober 2014

Smartphone Yang Smart

Subhanallah..
Post kali ini saya awali dengan tasbih, saking takjub nya. Sekian lama punya smartphone, baru sekarang merasakan keunggulannya hape pintar ini. 
Sampe pengen menjerit “Ya ampun, pintar bangeeeeeet..” 
*sambil pegang pipi kanan kiri day dreaming


Selama ini, saya hanya tahu kalo punya smartphone itu keunggulannya banyak. Salah satunya, bisa melacak hape yang hilang atau di curi. Maka saya memasang banyak aplikasi keamanan, mulai dari mengganti security lock, kemanan akun email dan sebagainya. Tapi, namanya pencegahan, ya belum tahu apa fungsinya kalo belum kejadian.

Nah seminggu yang lalu (kira-kira begitu), hape kakak ipar saya terjatuh di sekitar kampung. Setelah di telusuri lagi, ternyata hapenya tidak bisa ditemukan. Padahal hape ini isinya penting dan nggak ada clue siapa penemu hape itu thinking

Long story short, tadi siang kakak saya sms kalo whatsapp suaminya aktif. Foto profilnya seorang gadis berjilbab yang berumur sekitar awal 20  tahun. Tanpa pikir panjang, saya mengunggah foto tersebut ke facebook. Selang 2 jam kemudian, seorang kenalan saya mengirim sms dan memberitahu kalo itu adalah foto temannya. Surprise surprise, gadis itu mantan murid SD di tempat saya mengajar. Wow..
Foto dan Nomor sudah di samarkan
Setelah percakapan panjang di whatsapp, saya tahu bahwa bapak gadis ini hanya membeli hape bodong. Tanpa simcard, memory card bahkan charger. Sayangnya, si gadis tidak menyadari kecanggihan si smartphone ini. Mungkin dya kurang paham cara menggunakan aplikasi di dalamnya. Dya pikir hanya dengan mengganti simcard yang baru, maka whatsapp itu bisa menjadi miliknya. No no.. Bukan begitu cara kerja nya dear.. 
Case Closed
Jadi whatsapp ini pendaftarannya menggunakan nomer hape. Ketika nomer sudah terdaftar, maka whatsapp sudah bisa digunakan. Satu hape hanya bisa didaftarkan oleh satu nomer saja. Mengganti simcard hape tidak akan berpengaruh apa-apa ke whatsapp. Pengguna whatsapp yang punya nomer hape saya (misalnya) otomatis akan tahu kalo saya menggunakan whatsapp dan bisa langsung chatting dengan saya. Ketika simcard XL saya copot dan saya ganti dengan simcard IM3, yang muncul di whatsapp saya tetap nomer XL saya. Nomer yang terdaftar di whatsapp tetap nomer yang pertama kali terdaftar. Kecuali, kalau ada pergantian nomor. Dan itu ribet, harus ada konfirmasi antara nomer lama dan nomer baru.

Lanjut..
Setelah saling meminta maaf dan menolak tawaran dya untuk bertemu muka (pasti bakal terjadi awkward moment kan), saya menjelaskan kepadanya kalo whatsapp itu masih atas nama ipar saya meski foto profilnya adalah foto si gadis. Dan teman-teman ipar saya yang punya nomer hape ipar saya pun akan melihat foto dya. Saya juga menyuruh dya untuk meng-uninstal whatsapp dan bbm di hape itu dengan memberinya sedikit arahan. Walah, sok baik bener ih saya..

Moral value..
Bagi anda-anda yang menemukan dan mengira tidak akan ada yang tahu kalau anda lah penemunya, harap hati-hati ya bro. Hindari juga membeli hape yang tak jelas asal usulnya, jangan sampai nanti anda dituduh jadi penadah barang curian lho. Namanya smartphone, pasti ada kelebihannya dibanding hape biasa. Bahkan dengan settingan yang benar, saat hape di isi nomer selain nomer si empunya, hape akan mengirim data nomer baru yang mengisi hape tersebut. Teman kakak saya sampai melibatkan polisi untuk melacak hapenya yang hilang, lagi-lagi berkat kegaptekan penguna barunya. Nah lho.. Nggak mau dipolisikan tho? pirate

Semoga bermanfaat ya sharing saya kali ini, setidaknya bagi pengguna smartphone. 
"Ayo mari pasang sebanyak-banyaknya aplikasi keamanan untuk hape anda." 
Kalo hape hilang, bukan harga hapenya kan yang anda pikirkan, tapi data di hape, kenangan-kenangan serta perjuangan untuk mendapatkan hape itu  yang bikin kita sedih kehilangan hape.. 

0 komentar:

Posting Komentar

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^

 
Don't Skip Me Blog Design by Ipietoon