Selasa, 28 Oktober 2014

Dokter Vs Jerawat Part 2


Salam...

Hari ini hati saya sedang sedikit berbunga..
Ceritanya dimulai saat sebulan lalu saya akhirnya menyerah menggunakan skincare produk OTC maupun MLM. Jerawatku masih timbul tenggelam saja, padahal sudah mencoba produk murah sampe produk mehil (Melilea kan mahal bagiku, hiks). Saya sudah mencoba setia pada satu produk dan sabar menunggu hasilnya. Ya minimal 6-8 bulan trial baru memutuskan untuk pindah produk lain. Tapi sepertinya saya masih kurang sabar, frustasi melihat jerawat yang kayak bisul dan nggak kunjung ngilang.

Makin desperate lagi saat sedang ngobrol-ngobrol, temanku memandang wajahku penuh keheranan sambil berkata "kamu nggak pengen po jerawatmu hilang?"
Jleb jleb.. sakitnya tuh disiniiiiii! *nunjuk jerawat
Suer, saat itu saya yang sedang happy langsung down. Nggak kelihatan sih dari luar. Padahal dalem hati nangis, pengen teriak "Menurut ngana?!"

Yah, setelah menimbang-nimbang, saya kemudian memutuskan pergi ke poli kulit di RS Wirosaban. Dulu teman-teman kuliah banyak yang cocok dengan dr. Rikyanto. Dan saya jadi tertarik untuk kesana juga. Padahal saya dulu pernah bilang di sini kalo saya nggak mau lagi ke dokter (untuk ngurusi jerawat). Ternyata, keadaan berkata lain, hehe

Pendaftaran
Saya sebenarnya kurang ngerti proses pemeriksaan di Wirosaban, tapi setelah bolak balik bertanya pada petugas, akhirnya bisa juga saya periksa. Pertama, saya mengambil nomor antrian pendaftaran di pintu depan (yang menghadap timur). Ada petugas jaga disana, jadi sekalian saya tanya dokter kulitnya ada atau tidak. Karena saya pasien baru, saya diminta mengisi form pendaftaran yang saya ambil di bagian informasi (di samping mesin antrian). Selanjutnya saya menunggu antrian di ruang tunggu yang ruame. Nomor undian antrian saya 315 (itu saya nyampe lokasi jam  8 pagi). Sedangkan nomor  antrian yang sedang berjalan adalah.......... 156. Subhanallah, masih setengahnya lagi. Untung saya ini sabar  tongue

Setelah nomor antrian saya dipanggil, petugas kemudian bertanya tujuan saya mau priksa ke poli apa. Beliau memberikan saya kartu periksa, nomor antrian poli kulit dan tagihan jasa konsultasi sebesar 25ribu saja. Wow, ini setengahnya dari jasa konsultasi di PKU dulu. Saya membawa tagihan tersebut ke kasir penetapan biaya di sebelah selatan, di samping kiri loket BPD. Setelah beberapa waktu, saya dipanggil oleh petugas BPD untuk membayarnya.
Kartu Periksa Saya

Pemeriksaan di Poli Kulit
Selesai membayar, saya kemudian menuju poli kulit. Poli ini berada di sebelah utara agak barat. Sesampainya di poli, saya memberikan nomor antrian ke petugas (koas). Saat panggilan pertama, petugas akan bertanya keluhan saya. Lalu saya menunggu (lagi) untuk panggilan kedua (konsultasi). Saat konsultasi ini, dokter memeriksa kulit wajah saya sambil bertanya skincare yang saya gunakan selama ini. Dokter juga meresepkan obat apa saja yang sesuai dengan keluhan saya.

Keluar dari ruang dokter, saya di arahkan ke petugas obat yang ada di sebelah utara ruang dokter. Ibu petugasnya ramah, saya bisa ngobrol sekalian konsultasi lagi big grin *modus. Beliau bahkan menyarankan saya mengurangi obat yang sekiranya kurang perlu. Dalam rangka mengurangi biaya tentunya. Alhamdulillah, lebih irit daripada skincare yang kemarin dulu saya pakai love struck
Kuitansi obat
Nah, nota tersebut kemudian saya bawa ke kasir BPD. Selesai membayar, saya kembali lagi ke petugas di poli kulit untuk mengambil obat (ribet ya). Empat macam skincare, lebih tepatnya, saya bawa pulang. Botol panjang di sebelah kanan adalah facial wash, yang harus saya pakai cukup 2x sehari. Disebelahnya adalah krim jerawat malam, tabir surya (yang sudah ada obat jerawatnya juga) dan toner. Setelah sekitar 1 bulan lebih 10 hari, tabir surya saya akhirnya habis. Sedangkan obat yang lainnya masih ada sisa setengah. Nggak heran, karena tabir surya ini yang paling sering saya gunakan.
Obat dari dokter

Review
Di awal pemakaian, saya agak ragu apakah obat ini akan cocok dengan wajah saya. Apalagi masih ada saja jerawat yang tumbuh di mana-mana, bahkan jerawat baru numbuh di bekas jerawat lama. Bikin stress kan.. Tapi saya tetap bersabar kok, kan belum 6 bulan, hehe.. Lagipula, hasil yang cepat justru membuat saya khawatir atas keamanan produk tersebut. Dan kesabaran berbuah manis. Saya akhirnya sedikit terbebas dari ganguan jerawat. Tidak benar-benar bebas sih, karena masih ada sisa jerawat kecil yang kalo dipencet keluar seperti komedo. Tapi, setidaknya tidak mengganggu pemandangan. Jerawat saya makin jinak, euy...

Seneeeeeng banget, akhirnya ada saatnya juga saya puasa jerawat. Makin seneng lagi kalau habis mencuci muka. Kulit wajah terasa halus. Diraba-raba juga nggak kelihatan ada jerawatnya. Yang terasa tinggal benjolan bekas jerawat yang isinya komedo. Iya, kalau tumbuh jerawat, biasanya sekitar 5 hari jerawatnya mengecil tinggal menyisakan benjolan segede komedo. Kalo digosok agak niat jadi hilang mata jerawatnya.

Itu juga butuh waktu 1 bulan untuk benar-benar bisa bernafas lega. Pipi kanan kiri saya masih ada bekas jerawat banyak. Menurutku, bekasnya cuma sedikit berkurang, tapi saya sendiri kurang bisa memperhatikan. Kata adek dan temanku, wajah saya semakin bersih dan bekas jerawat memudar. Ibu-ibu kenalan saya di RS juga bilang begitu. Alhamdulillah.. Berarti saya cocok dengan obat ini.

Tadi pagi saya balik lagi ke dr. Rikyanto. Pengennya sih minta obat untuk memudarkan bekas jerawat. Tapi ternyata, krim saya itu sudah termasuk penghilang bekas jerawat juga. Bulan kemarin saya tidak bertemu dr. Rikyanto, jadi baru hari ini saya bertemu muka dengannya. Beliau ini ramah dan suka guyon ternyata. Masak iya, saya konsultasi jerawat kok malah dinasehati soal telaten memilih jodoh. Korelasinya apa dok, jerawat sama jodoh? Ada-ada saja deh, hihihi...

Update 28 Juli 2015
Setelah sekitar 9 bulan menggunakan krim dari dokter Riki, saya pengen ngasih review terupdate. Saya emang agak-agak nggak bisa memperhatikan perubahan wajah sendiri, tapi teman-teman saya bisa. Beberapa teman yang tahu kisah saya dari yang jerawatan parah sampai jerawat dikit-dikit sering bilang "Krim e mbak Endang cocok ya. Raine wis resik". Padahal kadang masih muncul jerawat lho barang 1-2. Kalo bekasnya sih saya pasrah. Menurut mereka, wajah saya lebih bersihan dan putih (saya sebut cerah aja kali ya). Sewaktu saya compare foto terbaru dengan foto lama, baru saya percaya. Sekilas lihat, pasti orang-orang pikir saya pake krim gajebo karena kulit wajah saya beberapa tingkat lebih cerah dari kulit punggung tangan. Padahal sih enggak ya. Kulit wajah saya sewarna kok dengan kulit leher dan badan yang tertutup baju. Hanya saja, karena saya sering naik motor panas-panas tanpa sempat pakai sarung tangan, jadi kulit tangan saya menggelap. Kalo lengan baju disingkap, semacam ada garis batas antara kulit yang sering terpapar matahari dan tidak.

Saya juga mo cerita kalo akhir bulan ini semua krim dan facial wash saya sudah habis. Sebelum benar-benar habis, saya sudah mengurangi frekuensi pemakaian krim malam. Jerawat sudah nggak bandel, kulit wajah juga sudah cerah kembali, saya tinggal maintain aja. Karena itu, saya memutuskan untuk nggak belum akan repurchase krim ini lagi. Untuk sementara, sunblocknya balik lagi ke Ristra dan Wardah (mumpung masih ada sisa), facial wash pake Himalaya Gentle Exfoliating Daily FW (minta adek, untung cocok-cocok aja), krim malam selang seling dengan Ristra Total Whitening Concept - Gizi Super Cream, toner dokter masih ada sisa 1/3 botol jadi tetep dipake. Selain itu, saya juga maskeran  biar wajah tetep kece. Maskernya juga sesuka hati, kadang pake jeruk nipis, tomat, Himalaya Purifying Neem Mask, Mustika Ratu Indah Warni ato Bengkoang. Banyak juga ya perlengkapan tempurnya, fiuuuh..

Begitulah perjuangan saya melawan jerawat dan masalah wajah kusam. Bagaimana dengan kalian?

34 komentar:

  1. Sama.. sy jg lg berperang melawan jerawat 3 bln ini.. kasusnya pun hmpir sama.. skg lg milih2 dokter kulit T.T

    BalasHapus
  2. Semangat semangat.. Jangan menyerah sama jerawat ya.
    Googling yang banyak biar dapat review dokter kulit yang lebih sesuai dengan hati... ^_^

    BalasHapus
  3. untuk obat klo bisa menggunakan yang bahan organik seperti Melilea Organik, agar tidak banyak efek sampingnys

    BalasHapus
  4. Kak it habis brp total? Trus klo krim hbis bsa beli lg tanpa konsul ato gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Total habis 175rbu, win. Biaya konsul 25rb, obatnya 150rb. Tapi bisa nawar maunya beli yang mana saja. Aku nggak ambil day cream, tapi milih sunblock aja.
      Kalo krim habis, dan merasa nggak ada yang perlu dikonsultasikan lagi, bisa beli tanpa konsul. tapi tetep prosedurnya sama.
      - Daftar dulu
      - Bayar biaya konsul
      - Lanjut ke Poli
      - Kalo rekam medis dah masuk ke Poli, (meski belum dipanggil) bisa tanya ke petugas untuk langsung beli krim. Nanti akan arahkan ke ibu-ibu yang nanganin obat2nya.
      Hope to Help :)

      Hapus
  5. Bedanya sunblock sm day cream dokter rikyanto apa ya kak? Aku jg bbrpa bulan ini pke sna tp krim paginya lengket gt g cpt meresap. Mohon infonya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arum.. Krim pagi itu biasanya berfungsi untuk mengobati jerawat, bekas jerwat, pelembab, dll. Sedangkan Sunblock fungsinya untuk melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung. Aku belum pernah coba krim paginya dr. Riki, jadi nggak tahu teksturnya. Tapi, coba deh pagi krim paginya didiamkan 5 menit dulu baru ditimpa sunblock. Biar nggak terlalu mengkilap, pake aja bedak tabur yang ringan.

      Dulu, aku nggak pake krim paginya dr. Riki karena menurutku krim malam juga fungsinya sama dengan krim pagi, bahkan jauh lebih efektif kerjanya. Dr. Riki juga bilang begitu. Kulitku tipe yang oily banget, jadi aku nggak pake krim paginya juga nggak masalah, takutnya muka makin berminyak. Yang jelas, aku selalu pake sunblock. Jadi kalo disuruh milih antara krim pagi atau sunblock, aku milih pake sunblock. Begitu..
      Hope to help

      Hapus
    2. Untuk sunblocknya juga dari sanakah? Atau pke mek lain? Tipe kulitku jg oily bgt, kira2 sunblock yg cocok apa ya?

      Hapus
  6. Dulu pake sunblock dari sana, tapi susah kalo mo repurchase. Sekarang aku pake SkinAqua UV yang ada spf 30 yang tutupnya putih (bisa dibeli di Mirota Kampus), kadang2 Wardah Sunscreen gel spf 30. Kalo pake SkinAqua ato wardah, muka masih keliatan berminyak, jadi tetep kudu pake bedak tabur.

    Ristra Suncare juga cocok di aku meski spf nya cuma 15. Habis pake Ristra, muka gak kinclong2 amat. Pengen beli lagi, tapi karena 2 sunblock di atas masih ada, jadi belum bisa beli Ristra lagi. Coba kamu cari review sunblock lagi aja biar lebih manteb..
    Saranku, habisin dulu sunblock dari dr. Riki. Kalo udah habis, bisa beli sunblock OTC yang size kecil dulu. Jadi kalo gak cocok gak terlalu rugi :D

    BalasHapus
  7. Kak, setelah lepas gmn kak? Pgn ke dokter tp takut ketergantungan..

    BalasHapus
  8. Lepas dokternya pelan-pelan, bertahap jadinya kulit gak masalah, gak bikin jerawatan juga..

    BalasHapus
  9. Halo, dr rikyanto ini praktik dimana aja ya? kebetulan kostku di daerah UGM, jd kayanya jauh bgt yaa kalo kesitu hehe makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya beliau buka praktek di apotik Bumijo Nad, di sebelah utara samsat kota yogyakarta (tugu masih ke barat lagi)..

      Hapus
    2. Apakah benar buka prakter drumah kak?

      Hapus
    3. Sepertinya.. COba cek forum ini http://forum.femaledaily.com/showthread.php?3329-Jogja-Salon-Spa-Beauty-Treatment&p=3692688&viewfull=1#post3692688

      Hapus
  10. Itu ke dokter cuma dikasih obat mbak ga ada tindakannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena jerwatku nggak parah dan emang nggak perlu ada tindakan, jadi cuma dikasih obat saja..

      Hapus
  11. Jadwalnya hari apa aja mba di wirosaban?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maaf aku kurang tahu pasti.. Setauku setiap hari sih ada. Soalnya pernah datang Senin, Selasa ato Sabtu juga beliau terus yang praktek..

      Hapus
  12. mbak, aku jg jerawatan sih, gatau separah kaka atau ngk
    cuma ya itu suka muncul satu, tbtb blom ilang, muncul dua,
    gtu gtu trus.
    mnurut kka pake ristra bagus ga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo belum pernah tersentuh krim2 gak jelas, pake ristra bagus. tapi mending dicoba satu2, jangan langsung sepaket, biar tau kalo ada yang gak cocok..

      Hapus
    2. Kalo belum pernah tersentuh krim2 gak jelas, pake ristra bagus. tapi mending dicoba satu2, jangan langsung sepaket, biar tau kalo ada yang gak cocok..

      Hapus
  13. Kak mau tanya,apakah krim pagi dri dr rikyanto memang ada tulisan "disimpan dalam kulkas". Karena sepengetahuan saya, biasanya krim malam yang diletakan di kulkas. Saya takutnya sebenarnya antara krim pagi dan krim malam sya tertukar penamaanya huhu. Makasih kak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @risti, kalo krim pagiku dulu (udah lama gak pake) gak ada tulisannya. Coba dibedakan saja isinya.. kalo ragu mending tanya ke ibu perawatnya, jam7 bliau sudah datang. gak perlu daftar kok..

      Hapus
  14. Kak mau tanya di pemakaian awal dari obat yang dikasih dokter ini ada efek" gitu egk Kak? Kayak merah atau ngelupas kulitnya?

    BalasHapus
  15. @andriya, aku gak ada efek gimana2. tapi pernah bbrpa bulan setelah pake, sewaktu keluar naik motor siang2, pipi rasanya panas. tapi kalo kepanasan biasa sih gak papa..

    BalasHapus
  16. Postingannya bermanfaat banget mbak. Hari ini saya ketemu dokter Riky berbekal dari informasi dari blog ini. Terimakasih banyak.

    BalasHapus
  17. Mas kalo konsul lagi karena malah tambah jerawat dan beruntusan bayar lagi tidak mas? Dan mau punya mas prosesnya langsung berkurang atau seperti saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya, karena ini prosedur "pasti" di RS, maka kalau mo ketemu dr. Riky harus bayar. Tapi mungkin tdk bayar obat kalau tidak doresepkan obat lagi..
      Muka saya dulu nggak langsung bersih, jerawat yang belum matang jadi muncul mata. Kalau bruntusan atau tidaknya saya nggak ingat. Yaang jelas, meski sudah pake krim, jerawat kalau pas muncul ya tetap muncul. Tapi nggak parah dan nggak banyak di satu spot seperti breakout gitu..

      Hapus
  18. Hai kak! Wah seneng banget baca ceritamu ini. Btw, ku juga jerawatan parah sampai diberi roaccutane sama Dr. Rikyanto.. semua step perawatannya jg sama kayak kamu nih. Udh sebulanan ini wajah mulai membaij, bekas jerawat memudar. Cuman kalau jerawat bandel 1-2 jg muncul.
    Oh ya aku mau tanya sis, kamu waktu pakai cream pagi.. apa ditimpa make up? bedak mungkin, atau foundation?
    Terimakasih.. 💜💜💜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu aku cuma timpa sunscreen dan bedak tabur. Tp tergantung sikon, klo harus kondangan atau acara penting, pake bb cream (dulu masih booming ini) trus pulangnya langsung dibersihkan pake cleanser dulu.
      Semangat ya, semoga cepet sembuh jerawatnya..

      Hapus
  19. Assalamu'alaikum Mbak Endang , salam kenal 😁😅 Aku juga sudah berlangganan di dr Riky dri 2014 , wajah enggak yang trus putih glowing gitu. Lebih ke cerah dan bersih. Enak dipandang. Beberapa kali mangkir dri dr Riky ke skincare lain tapi gk cocok akhirnya balik lagi ke dr Riky. Kulit ku tipe yang sensitif banget.

    BalasHapus

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^

 
Don't Skip Me Blog Design by Ipietoon