Jumat, 03 Juli 2015

Crispy Squid with Sweet-and-Sour Sauce


Bismillahirahmanirrahim.. 
Selamat berbuka puasa.. eat

Aih.. Jangan heran ya kalo tiba-tiba temanya jadi serba puasa, hihihi..
Namanya juga blog random, jadi ya isinya random banget, sesuai warna hati saya. Nah, kebetulan udah lama banget saya nggak nulis tentang masakan. Dan kebetulan juga saya baru beli cumi asin, di mirota kampus adanya yang asin sih. Saya beberapa kali beli cumi mateng, hasilnya ada yang enak banget, enak dan nggak enak. Maksudnya bumbunya ya. Soalnya rasa cumi ya begitu-begitu saja. Karena itulah saya punya obsesi masak cumi sendiri biar manteb. Kebetulan ketiganya, saya baru saja masak untuk buka puasa. Pas kan kalo majang masakan di mari.

Voila... 
Bahan:
  • Cumi secukupnya
  • Tepung terigu dan maizena
  • Daun bawang 1 batang
  • Bawang bombay 1/2 butir
  • Bawang putih 2 siung, digeprek
  • Cabai merah 2 buah, buang bijinya
  • Saos pedas manis (tapi nggak pedas kok)
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara:
Cumi crispy
  1. Cuci cumi-cumi di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi rasa asin.
  2. Rendam cumi-cumi dengan air panas selama 20-30 menit. Kemudian tiriskan.
  3. Buang tulang tipis, dan potong cumi-cumi seperti cincin.
  4. Masukkan potongan cumi-cumi ke dalam toples (boleh tupperware deh), tambahkan campuran tepung terigu dan maizena. 
  5. Tutup wadahnya, dan kocok sampai cumi-cumi berbalut tepung. Saya suka cara ini, praktis, sekali goyang, semua cumi sudah berselimutkan tepung cook
  6. Goreng sampai kecoklatan, angkat dan sisihkan.

Saos Asam manis
  1. Tumis bawang putih sampai harum.
  2. Tambahkan bawang bombay dan cabai.
  3. Masukkan air secukupnya (dikira-kira saja butuhnya berapa)
  4. Tambahkan saos pedas manis, garam dan lada. Aduk rata.
  5. Masukkan daun bawang dan masak hinggal mengental.
  6. Tuangkan saos di atas cumi crispy.
  7. Selesai.... hot

Cumi-cumi ini makanan kesukaan saya,  mbak Ana dan mbak Nur. Sayangnya, mereka berdua sedang tidak disini, jadilah saya sendiri yang bakal makan. Bapak, Ibu bahkan Ita malah geli merinding kalo lihat bentuk cumi-cuminya. Nggak bakal mau makan deh. Karena itulah.. saya membuatnya jadi cumi crispy, yang mana bentuk aslinya hilang ketutup tepung. Alhamdulillah.. tuh ternyata bener, doyan juga kan batting eyelashes

Oh iya, untuk yang males repot-repot bikin tepung crispy, boleh lah beli tepung bumbu yang sudah jadi dan banyak dijual di minimaket bahkan warung. Namun.. karena saya memakai cumi yang emang sudah asin dari sononya (produsen maksudnya), maka saya memilih memakai tepung yang tanpa bumbu biar nggak tambah asiiiin. Nggak mau kan dikira lagi ngebet nikah? tongue

Satu lagi, kalo masih males juga repot bikin saosnya, ada saos asam manis instant yang satu produsen dengan saos tiram merk SA*RI. Tinggal ditambahkan sayur dan dimasak bentar sudah bisa dicocolin. Nggak perlu tambah garam atau nanas udah asem kok. Sayangnya saya kurang suka saos asam manisnya, terlalu asem. Kalo saos tiramnya saya suka, bahkan si mami juga ikutan beli demi bisa menghasilkan masakan yang yahud. Lhoh.. malah jadi promosi ini, mau dibayar berapa saya? big grin

Semoga resep ini berguna ya temen-temen. Mari lanjut  masak lagiiii cheer

0 komentar:

Posting Komentar

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^

 
Don't Skip Me Blog Design by Ipietoon