Senin, 13 Mei 2013

Sleeveless Dress (Free Printable - Pola Gamis)

I love sewing.. so bad..
Sayangnya, saya selalu mengandalkan Ibu untuk mengguntingkan kainnya. Nggak seratus persen jadi penjahit dong kalo gitu.

Maka dari itu, saya bertekad bulat mau belajar menjahit dari dasar. Sepertinya ikut kelas mejahit bukan ide yang buruk. Tapi setelah kupikir-pikir, sayang juga keluar duit 250rb. Duit segitu bisa dipake beli kain ber meter-meter. Ya wis, saya putuskan untuk belajar membuat pola baju secara otodidak. Banyak blogger yang mengulas tentang cara membuat pola baju, jadi why don't I learn it from them.


It's kinda funny actually.. I'm not an expert in sewing. Yet, I'd like to share my experience in drawing the pattern, especially sleeveless dress. Beruntung pola ini pas di badanku, seneng rasanya punya pola baju sendiri. Dari awal belajar membuat pola baju, tidak banyak blog yang menyediakan pola gratis tis tis untuk di download. Justru yang saya temukan adalah blog dari luar negri semacam Burdastyledengan suka rela membagi pola macam-macam baju. Namun.. ukuran badan bule dan pribumi itu bedanya jauh dong. Kalo beli baju merek S**pie ukuran S saja belum tentu pas di badan, malah kedodoran kayaknya.



Ada sih nemu satu blog lokal yang menyediakan e-book untuk penjahit pemula. Di situ disebutkan kalao setelah membaca e-book itu djamin bisa menggambar pola dan menjahit baju sampai bisa. Sayangnya, itu nggak gratis, alias berbayar. Yah, agak sedih, mau belajar saja terhambat nggak ada duit, hihihi

Dan karena itulah saya mencoba membuat pola sendiri dan dishare untuk siapa saja yang membutuhkan pola baju.


Nah, setelah berjuang dengan pola gamis dan cardigan, mari kita mulai proses menjahitnya.
Ini proses memotong kain sesuai pola yang saya bikin
Baru beberapa saat menjahit baju, saya merasakan sedikit rasa aneh tiap kali menyentuh beberpa bagian dari mesin jahit. Setelah diinvestigasi (cieh memasak), ternyata mesin Jahit oh.. Udah jadul, nyetrum lagi, ckckck.. Mungkin bagian dinamonya ada yang korslet. Nggak lucu dong kalo mau njahit saja mesti kesetrum terus-terusan. Nggak begitu terasa sakit, cuman agak kaget saja. 
Poor my sewing machine
Agar saya selamat tanpa kesetrum terus terusan, mesin jahitnya saya lapisi dengan kertas. Mesinku keliatan jelek habis, tapi gak papa, yang penting penjahitnya selamat sampai akhir perjuangannya Nah, setelah 3 hari berjuang, dressku jadi kayak gini nih. Dan, kondangan minggu kemarin pake dress baru, yay...

Here is my new dress
Desainnya nyontek sedikit dari website, sedikit modifikasi dan saya puas dengan hasilnya. Banyak yang muji dressku euy, jadi bangga bisa jadi fashion maker. Haish......
Oh iya, sesuai janjiku, ini dia Free Printable Sleeveless Dress. Silahkan di downloand dan semoga bermanfaat..

PS: Berhubung post yang ini ternyata banyak visitornya, maka saya merasa perlu meralat. Saya baru sadar kalau pola gamisku ini sudah saya modifikasi ukurannya. Pola baju atas, bagian bawahnya (ribet gak sih?) harusnya dipotong 5-10 cm dulu agar potongan jahitannya pas di atas perut. Tapi, kalau ingin potongan jahitan ada di perut, maka bagian atas pola rok di potong 5-10 cm. Biar gak salah ukur, mohon di pasang di badan dulu, kemudian potong bagian pola yang jadi bertumpuk.

3 komentar:

  1. Terimakasih untuk sharing ilmunya.. Seneng deh.. Bisa dapet ilmu baru plus pola menjahit baju..

    BalasHapus
  2. thanks atas ilmunya,... semoga brmanfaat utk sy dan semua yg baca..

    Salam ukhuwwah dari saya..

    BalasHapus
  3. Sama-sama.. saya juga masih belajar nih, jadi ilmunya belum banyak :)

    BalasHapus

Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^

 
Don't Skip Me Blog Design by Ipietoon