RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IV/II
Ketrampilan : Mendengarkan
Topik : May I wash my hands?
Alokasi Waktu : 2 JP (2x35 menit)
Standar Kompetensi : Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
Kompetensi dasar : Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat menjawab instruksi secara lisan dengan tetap menghargai orang lain.
B. Indikator
1. Siswa mampu mendengar jenis-jenis instruksi dan ungkapan/respon verbal.
2. Siswa mampu menirukan instruksi verbal.
3. Siswa mampu menjawab instruksi secara lisan.
C. Model text
A : Wash your hand!
B : Ok.
A : Close the door!
B : Yes, please.
D. Materi PembelajaranUngkapan yang akan digunakan
· Wash my hand
· Close the door
· Open the door
· Throw the garbage
· Go out
· Go to the bathroom
· Come in
E. Metode Pembelajaran
TPR (Total Physical Response)
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pre-teaching
· Guru menyapa dan mengecek presensi siswa.
· Guru memotivasi
A : Wash your hand!
B : Ok.
A : Close the door!
B : Yes, please.
D. Materi PembelajaranUngkapan yang akan digunakan
· Wash my hand
· Close the door
· Open the door
· Throw the garbage
· Go out
· Go to the bathroom
· Come in
E. Metode Pembelajaran
TPR (Total Physical Response)
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pre-teaching
· Guru menyapa dan mengecek presensi siswa.
· Guru memotivasi
2. Whilst-teacing
Presentation
· Guru memperdengarkan jenis-jenis instruksi dan respon verbalnya di dalam kelas. (Task 1)
· Siswa menirukan ucapan guru dan merespon dengan tindakan dan ucapan.
· Siswa dan guru bermain “Simon says”. (Task 2)
· Siswa mendapatkan kartu bergambar tentang instruksi di dalam kelas.
· Siswa secara berpasangan bermain peran memperdengarkan instruksi dan meresponnya secara verbal. (Task 3)
3. Post Teaching
· Guru memberikan feedback.
· Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
G. Sumber Belajar
1. Gambar (unduhan dari http://www.mes-english.com dan google.com)
2. Let’s Make Friend with English for Elementary School Grade 4 oleh Bambang Sugeng. 2007. Penerbit: Esis
H. Penilaian
1. Instrumen :
Presentation
· Guru memperdengarkan jenis-jenis instruksi dan respon verbalnya di dalam kelas. (Task 1)
· Siswa menirukan ucapan guru dan merespon dengan tindakan dan ucapan.
· Siswa dan guru bermain “Simon says”. (Task 2)
· Siswa mendapatkan kartu bergambar tentang instruksi di dalam kelas.
· Siswa secara berpasangan bermain peran memperdengarkan instruksi dan meresponnya secara verbal. (Task 3)
3. Post Teaching
· Guru memberikan feedback.
· Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
G. Sumber Belajar
1. Gambar (unduhan dari http://www.mes-english.com dan google.com)
2. Let’s Make Friend with English for Elementary School Grade 4 oleh Bambang Sugeng. 2007. Penerbit: Esis
H. Penilaian
1. Instrumen :
a. Teknik : Proses dan Unjuk kerja
b. Bentuk : Role play
2. Penilaian :
b. Bentuk : Role play
2. Penilaian :
a. Teknik : Rubrik
b. Nilai maksimal : 100
c. Nilai : (Skor perolehan)/ (Skor maksimal) x 100
PS: Gemes deh gambarnya nggak bisa ikut dicopy. masak iya di upload atu-atu
b. Nilai maksimal : 100
c. Nilai : (Skor perolehan)/ (Skor maksimal) x 100
PS: Gemes deh gambarnya nggak bisa ikut dicopy. masak iya di upload atu-atu
But, Hey... I'm on Scribd. I'll give you the link soon
0 komentar:
Posting Komentar
Your comment, please. Whether it is good or bad... ^_^